Jumat, 12 April 2013


TULISAN PEREKONOMIAN INDONESIA 2

Nama   : Indina Tarziah
NPM   : 23212683
Kelas   : 1EB18

BISNIS BUSANA MUSLIM



I.                   PENDAHULUAN

Memulai suatu usaha pasti akan menjadi hal yang tidak mudah pada awalnya. Dengan adanya niat dan tekad yang kuat, maka sebuah bisnis bisa bertahan dan melejit asalkan ada usaha untuk mewujudkannya. Banyak jenis usaha yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Bisnis pakaian termasuk bisnis busana muslim bisa menjadi salah satu jenis bisnis yang memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Saat ini semakin banyak perempuan yang berbisnis pakaian muslim. Tidak hanya para artis yang menggeluti bisnis ini, masyarakat umum pun juga telah mulai menjalankan bisnis pakaian muslim. Produk pakaian muslimah sangat banyak dicari pembeli pada saat hari raya islam seperti idul adha dan idul fitri terutama dibulan puasa atau menjelang lebaran. Model produk pakaian muslim saat ini semakin variatif dan menarik juga tidak ketinggalan jaman, modis dan nyaman dipakai. Selain butik pakaian muslim kita pun dapat menjual berbagai aksesoris lainnya seperti jilbab, kerudung, mukena, kopiah, sarung dll. Jenis pakaian muslim dan muslimah yang cukup khusus ini membuat bisnis pakaian muslim akan sangat menguntungkan.


II.                ISI

Saat ini banyak kita lihat adanya butik yang menjual jilbab dan busana muslim beserta perlengkapannya. Mulai dari gamis atau abaya, baju koko, kebaya muslim, mukena, sajadah, peci, sarung dan berbagai aksesoris lainnya. Biasanya butik baju muslim tersebut pasti menjual jilbab dan kerudung. Ada butik yang hanya menjual jilbab saja dengan berbagai aksesorisnya. Seperti jilbab yang terbuat dari bahan katun, sifon, sutra, spandek dan berbagai jenis lainnya. Saat ini banyak kita temui wanita berjilbab mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai lanjut usia. Berbagai macam model jilbab seperti model pashmina, segi empat, jilbab langsung pakai, sampai jilbab anak. Berbagai jenis dan bahan jilbab menjadikan banyak pilihan bagi konsumen untuk memilih sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan model yang berkembang. Semua memiliki pangsa pasar masing-masing sesuai dengan minat konsumen.

Bisnis jilbab mulai menjamur di kalangan wanita muslimah. Hal ini terjadi karena kebutuhan dan keinginan akan jilbab yang meningkat tajam. Produk ini sangat banyak dicari pembeli pada saat hari raya islam terutama saat memasuki bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Banyak wanita dan remaja putri yang mengenakan jilbab atau kerudung untuk memepercantik penampilan mereka saat bersilaturahmi kepada sanak keluarga.

Dalam bisnis busana muslim ini pelaku usaha mencoba untuk mengikuti perubahan tren mode pakaian muslim untuk membuat bisnis mereka lebih maju. Mereka melakukan inovasi agar menarik perhatian para muslim dan muslimah untuk mau mengenakan pakaian yang tertutup. Bisnis jilbab dan kerudung adalah salah satu bisnis yang memiliki kemungkinan rugi yang sangat kecil karena jilbab dan kerudung merupakan produk yang tidak mudah rusak dengan penyimpanan yang benar, keterampilan dalam menciptakan inovasi serta mengkombinasikan jilbab dan kerudung dengan gaya yang up to date akan membuat kerudung dan jilbab tersebut walaupun bermodel lama tetap akan laku dijual.

Berbagai macam pernak-pernik atau aksesoris sebagai pelengkap jilbab dan kerudung banyak dicari oleh wanita muslimah agar mempercantik jilbab yang dikenakan. Karena kebutuhan akan aksesoris pelengakap ini, maka ketika kita berniat untuk mendirikan bisnis jilbab dan kerudung, aksesoris pelengkap bisa menjadi tambahan pemasukan bagi perkembangan bisnis pakaian muslim ini.

Bisnis ini bisa dilengkapi dengan teknik pemasaran online yang mengandalkan internet sehingga penjualannya menjangkau pangsa pasar yang lebih luas, dengan mengirimkan barang lewat jasa pengiriman paket. Kita juga bisa melakukan promosi dengan memanfaatkan jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook atau bisa juga membuat sebuah website seperti blog, wordpress dan lainnya yang akan memajang berbagai produk jilbab dan kerudung dari koleksi yang kita miliki kemudian mengupload foto produk dan menerima pemesanan secara online. Bisa juga menawarkan produk melalui smartphone semacam blackberry.

Bisnis ini juga bisa dilakukan di rumah seperti bisnis rumahan yang akan menghemat biaya dari biaya sewa tempat, sewa operasional dan biaya transportasi karena dapat memanfaatkan rumah sebagai sarana prasarana usaha busana muslim seperti jilbab dan kerudung dan kebanyakan dijalankan oleh ibu-ibu rumah tangga yang ingin berbisnis untuk menambah pemasukan keluarga. Cara pemasaran bisa dilakukan dengan mempromosikan jilbab dan kerudung kepada tetangga, teman penganjian, saudara dan berbagai sarana lainnya. 


III.             PENUTUP

Bisnis busana muslim seperti jilbab dan kerudung mulai banyak diminati oleh wanita muslimah karena kebutuhan dan keinginan yang meningkat tajam. Bisnis busana muslim bisa menjadi salah satu jenis bisnis yang memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Dalam bisnis busana muslim ini pelaku usaha mencoba untuk mengikuti perubahan tren mode pakaian muslim untuk membuat bisnis mereka lebih maju. Mereka melakukan inovasi agar menarik perhatian para wanita muslimah.


IV.             DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar